July 21, 2024

Sebelumnya, sejak tahun 1994 hingga tahun 2000, Hari Keanekaragaman Hayati Internasional ternyata diperingati setiap tanggal 29 Desember. Penentuan ini berlatarbelakang oleh konferensi PBB mengenai KTT Bumi atau Earth Summit di Rio de Jeneiro, Brazil. Pada konferensi ini, menghasilkan salah satu kesepakatan mengenai Konvensi Keanekaragaman Hayati (Convention on Biological Diversity).

Kemudian sejak tahun 2000, kampanye Hari Keanekaragaman Hayati ini diubah setiap 22 Mei setiap tahunnya. Tujuannya untuk memperingati adopsi konvensi yang diselenggarakan di Nairobi, Kenya pada 22 Mei 1992. Setiap tahun, peringatan keragaman hayati selalu mengusung tema-tema spesifik dan berbeda yang telah ditentukan oleh sekretariat PBB.

Pentingnya Keanekaragaman Hayati
Adanya keanekaragaman hayati merupakan hal utama bagi kehidupan di bumi yang secara alami diberikan oleh ekosistem. Keanekaragaman hayati berperan dalam proses evolusi dan sebagai pemelihara keseimbangan ekosistem serta kehidupan biosfer.
Karagaman hayati juga bermanfaat bagi kelangsungan hidup manusia sebagi sumber pangan, sumber pendapatan, dan sumber plasma nutfah. Oleh sebab itu, perhatian lebih wajib kita berikan kepada permasalahan lingkungan yang seringkali terabaikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *